Rabu, 20 April 2011

baking class

saya sebenarnya punya obsesi buat jago masak hehehe.... Tapi dulu saya jarang banget masuk dapur. Semuanya dikerjakan ibu saya. Bikin sayur oseng atau sop, saya ga bisa. Paling banter cuma goreng telur atau bikin mie instan.
Setelah ibu meninggal tahun 2000, mau tidak mau saya dan kedua kakak saya kudu masak buat keluarga. Maklum kami tidak punya pembantu di rumah. Mba ratna- kakak tertua saya- sekarang jadi pinter masak, karena dulu dia yang sering kebagian masak buat kami semua. Berhubung dia yang paling gede jadi dia yang ketiban sampur buat jadi koki di rumah hehe...

Setelah saya menikah, saya ada di posisi kudu bisa masak. Soalnya si mas seneng masakan rumahan. Terpaksa saya jadi belajar masak. Awalnya, hasil masakan saya sangat biasa, dapat dikatakan tidak enak dewh. Tapi si mas ga pernah bilang kalau masakan saya ga enak. Dia tetep aja makan dan bilang kalau enak.
Sesekali mas berujar," cari resep di internet aja jeng, atau belajar masak sama siapa gitu..."

Terus saya berpikir, kudu cari guru masak nih.. Kebetulan sekali saya punya sahabat di kantor yang hobi dan jago masak. Namanya mba Lisa. Kami sebaya dan teman seperjuangan di awal-awal masuk kantor. Nah, dari mba lisa saya belajar banyak tentang dapur dan masak-memasak. Kami sering masak bareng di rumahnya.
Alat-alat masaknya komplit-plit. Udah kayak pengusaha katering aja sahabat saya yang satu ini hihi...

Dari dia saya belajar bikin kookies, cake dan aneka masakan sayur. Dulu awal-awal baking class, saya diajarin bikin aneka kue kering, mulai dari nastar ampe kastengel. Trus berlanjut ke brownies kukus dan aneka sayur. Yang terakhir, saya berhasil membuat sayur brongkos. Kami berdua cocok kalau ngomongin tentang resep. Sebenarnya ga cuma resep ding, banyak deh yang bisa kita obrolin dan share.
Setelah dia menikah dan saya punya anak, acara baking class kami jadi agak berkurang. Susah banget nemuin waktu yang klop. Minggu kemaren kami dapat waktu yang klop untuk baking class bareng. Kebetulan hari sabtu kemaren mas lagi keluar kota dan suami mba Lisa ngantor, jadi kami bebas eksplorasi di dapur. Karena ini adalah me time,jadi saya ga ngajak Ikhsan.

Saya pengen belajar bikin roti isi. Jadi mba Lisa memutuskan untuk bikin roti isi keju dan coklat. Karena mba Lisa, dah hapal bahannya di luar kepala, jadi langsung aja memasukkan bahan-bahannya. Padahal kalau saya masak atau bikin kue, pasti deh ada buku resep yang terpampang di dapur hihi...

dan ini penampakan adonan roti yang sudah mengembang.

trus adonan dibentuk bulat dan diisi dengan keju dan coklat. Ternyata membentuk adonan menjadi rapi, itu ga gampang lho. Saya harus mencoba berkali-kali. Walau kadang bentuknya ga karuan tapi tetep pede aja hehe...


Setelah dipanggang, ini hasilnya. Hmmm..., baunya harum dan rasanya lembut banget. Saya ngebayangin kalau ikhsan bakalan seneng banget makan roti bikinan kami. Dan bener saja, ketika saya pulang dan membawa hasil baking class kali ini, ikhsan seneng banget. Langsung habis dua :)
"makasih budhe Lisa..," gitu katanya.

Besok, resepnya akan saya tulis di postingan berikutnya...

15 komentar:

yustha tt mengatakan...

wah...ternyata sama ky aku, gk bisa masak...hahaha....

tapi memasak itu kan bisa dipelajari ya mb.. Makanya sekarang mb Entik jadi udah pinter masak macem2..

Wah, kalo kue & roti, aku belum bisa.. :D

marsudiyanto mengatakan...

rotine menul2 Mbak

lidya mengatakan...

ada teseternya ga mbak? :)

entik mengatakan...

@tt: keadaan yang memaksa diriku bisa masak jeng :)

@pak mars: menul seperti pipiku hehe..

@mba Lidya: testernya ludes mba, dilahap ikhsan...

Motik mengatakan...

weeeeh ditunggu resepnya mba :)
kalo bikin sendiri kan puas isinya banyak hehe..

Bunda Farras mengatakan...

waaahh asyiknya ada baking class gratisan gini .. senengnya punya temen yg pinter masak & mau ngajarin ya Mbak .. ;)

entik mengatakan...

@jeng motik: yo i betul betul..

@bunda Farras: iya, beruntung banget wong aku ga modal apa2, semua bahan dari temenku & aku bawa pulang hasilnya hihi..

Fitri3boys mengatakan...

waw..enaknya, temennya pinjem donk..mau kursus juga xi xi xi

Bundit mengatakan...

Huhuhu saya jadi pengin kursus juga nih. Ditunggu resepnya jeng. hehehe ngumpulin rese dulu ye :D

Desy Noer mengatakan...

ayooo semangat terus belajar masaknya yuuuukk

BunDit mengatakan...

Waaah..kayaknya yummy nih. Ah bikin kue mah dr dulu pengin tp gak ada actionnya nih saya :-(

Nia mengatakan...

wah bener, enak banget punya temen kayak gini...bisa kursus gratis sekaligus menikmati hasilnya ehhehe......cuma klo deket, ikutan ngintip dech aku hehehe...

Zulfadhli's Family mengatakan...

Kalo cake dan kue2 kaya bolu gw dah bisa Mba, tapi roti belom pernah nyoba. Ditunggu yah Mba resepnya, tar tak coba di rumah :-)

Elsa mengatakan...

ayooo Mbak...
segera bikin toko roti!!!
hehehheee

Baby Dija mengatakan...

Dija mau rotinya Mama Entik...
boleh yaaa????