Selasa, 13 Oktober 2009

batik & membatik (part 2)

saat mendengar berita kalau Unesco mengakui kalau batik adalah warisan budaya indonesia, rasanya seneng banget dewh. Sewaktu saya kecil baju batik hanya dipake orang-orang tua dan pas kondangan aja. Jarang banget liat orang pake batik untuk keseharian. Saya aja waktu kecil hanya punya beberapa potong batik saja. Pun pas dah gede dan belon kerja, males banget kalau disuruh pake batik palagi disuruh beli hihii.. Nah pas dah kerja berhubung tiap hari jumat dianjurkan pake baju batik, alhasil saya memaksa diri untuk beli dan pake baju batik. Awalnya biasa, eh sekarang demen banget pakai baju batik. sekarang koleksi baju batik saya tidak hanya beberapa potong tapi dah lumayan banyak. Trus si mas juga seneng kalau pake baju batik buat ngantor, jadinya saya juga ngiler kalau liat baju batik cowok yang bagus. bawaannya pengen beli.

saking senengnya sama batik, saya jadi penasaran pengen mbatik sendiri. Bulan juli kemaren kok ya ndilalah darmawanita kantor saya ngadain kursus mbatik. Jadi ga perlu pikir-pikir langsung ndaftar.

Yang belum ngerasain mbatik, saya kasih tahu kalau mbatik itu butuh kesabaran & ketelatenan yang super duper ekstra. Saya butuh hampir 1 bulan untuk menyelesaikan 2,5 meter kain katun. Saya hanya kuat mbatik 1 sampai 2 jam saja setiap harinya. Berhubung pemula, waktu segitu itu cuma dapet ngasih malam pada motif sedikit banget. Ditambah malam yang mleber-mleber kemana-mana. Saya sempat hampir menyerah, tapi instruktur yang ngajarin, kasih support banget dengan mengatakan, " mba entik le mbatik wes apek, -alon-alon mengko rak rampung." (mba entik mbatiknya dah bagus. Pelan-pelan nanti juga selesai).

dari rombongan peserta pelatihan yang 12 orang itu, saya jadi peserta terakhir yang berhasil menyelesaikan mbatik kain. Wih rada malu juga sih hihi.. tapi seneng liat hasilnya yang ga jelek2 amat untuk pemula. Senengnya bertambah pas pengurus darmawanita ngadain fashion show untuk kain-kain batik hasil bikinan ibu-ibu anggota. Lha batik bikinan saya juga ikutan mejeng loh hehe..., tapi sayang ga ada foto fashion show-nya.

6 komentar:

lidya mengatakan...

bagus mbak hasil nya. pinter ya mbatik nya

Ummi Zalfa mengatakan...

Aq ikut emosi wkt batik di klaim Malaysia tp jujur sampe sekrg aq gak punya baju batik.
Tapi dah mulai ngiler juga siiy coz baju batik sekarang modelnya bagus2. Kapan2 beli ah....
Salut deh sm mbak Entik yg masih mau belajar mbatik utk ikut melestarikan budaya bangsa. Ayo semangat mbak!....

Mai mengatakan...

Waaah, bagus juga kok bund batiknya. Sepertinya emang butuh ketelatenan yang tinggi ya utk membatik ^_^, ayo semangat ;)

Fitri3boys mengatakan...

bagus bener, paling akhir itu yang paling bagus..soale sabarnya lebih Poll...ya khan?????

Motik mengatakan...

Waaa mbak entik sabar banget ngebatiknya.. Biar selesainya lama tapi hasilnya memuaskan kok :)

Aku dari dulu emang suka banget sama batik, sampe punya kembaran sama suami, jadinya kalo kondangan kita kembaran motifnya. Kyara juga kupakein batik, dari umur 1 bulan udah bergaya pake baju batik, apalagi batik anak kecil sekarang lucu2 hihi..

entik mengatakan...

to all: yuk ikutan melestarikan batik dengan memakainya. Kalau bisa juga ikutan mbatik hihi...