Selasa, 06 Oktober 2009

cerita lebaran yang terlewat

lebaran = mudik. Bener ga sih? tapi memang saat lebaran adalah momen yang dijadikan banyak orang untuk mudik ke kampung halaman dan ketemu sodara. Saya walau di djogja tetep aja "men-cap" pulang ke rumah ortu di sleman & mertua di bantul adalah mudik (rada maksa ya?he2x). Ya itu karena rumah kami di ngaglik jadi suwung selama lebaran.

rencana dan jadwal selama lebaran sudah padat:
- hari pertama lebaran di rumah mbah kakaung di bantul
- hari kedua sawalan di keluarga eyang condongcatur
- hari ketiga sawalan keluarga mbah kakung-putri bantul
- hari keempat sawalan keluarag besar mbah buyut dari eyang condongcatur
jadi kami bakalan mondar-mandir bantul-condongcatur. Tahun kemaren juga gitu dan alhamdulillah nak lanang ikhsan tetep sehat walau diajak ngider.
hari pertama lebaran di bantul, setelah sholat ied badan ikhsan rada anget. Saya dan mas ga begitu nggagas dan cuek aja. Menjelang siang, kok tambah anget ya? Untungnya saya bawa obat penurun panas. karena ikhsan anget dan agak mulai rewel, saya jadi ga bisa ujung- silaturahmi ke tempat budhe & pakdhe.
menjelang maghrib panasnya ga turun, dan ikhsan sudah jadi rewel banget. Untungnya bidan di deket rumah mbah kakung buka, jadi kami putuskan bawa ikhsan ke bidan. Sampai di bidan ikhsan super duper rewel dan nangis terus sampai muntah-muntah. Muntahnya ampe kena seluruh tubuh ikhsan. Weh padahal waktu itu saya ga bawa baju ganti buat ikhsan. Ya sudah baju ikhsan langsung saya lucuti dan ikhsan saya bebet pakai kain jarik yang saya bawa.

setelah dapat obat, kami pulang. Saya dah menduga ntar malem ikhsan bakalan rewel dan minta gendong terus nih. Dan dugaan saya ga meleset, semalaman ikhsan minta gendong terus dan maunya sama saya. Mau diganti sama mas, ikhsan langsung nangis bombay. Ya alhasil cuma saya yang gendong.

paginya panasnya ikhsan dah turun. Ikhsan dah mau maen sama sepupu-sepupunya. Cuma napsu makannya yang kabur, jadinya susah banget makan. Karena hari kedua lebaran jadwal kita adalah sawalan ke condongcatur jadi pagi itu juga kami langsung balik ke condongcatur.

berhubung ikhsan lagi belum fit bener, saya dan ikhsan menghabiskan libur lebaran cuma di rumah eyang di condongcatur aja, ga ikut sawalan & kemana-mana. Sementara yang muter-muter sawalan adalah mas-mewakili kami.
Ga enak juga sih lebaran cuma ngendon di rumah, ga kemana-mana. Si mas juga sempat protes," wah ikut sawalan tanpa jeng & ikhsan garing,"
ya, gimana lagi, wong ngeman-ngeman badanne anak lanang je mas...

11 komentar:

Vera mengatakan...

waaaaah mas ikhsan sakit ya, gmn skrg udah sembuh kan?

lebaran yg penting kumpul ya, walopun ga bs kliling2

Motik mengatakan...

Wah baca blog ibu2 ternyata banyak yg anaknya pada sakit pas lebaran ini ya. Kyara juga sempet sakit H-3 lebaran, alhamdulillah pas hari H udah fit.
Mam yang banyak ya ikhsan..

Oiya, mohon maaf lahir batin ya buat ikhsan sekeluarga :)

Ummi Zalfa mengatakan...

Smoga sekarang Ikhsan dah sembuh ya...Kalo Zalfa abis lebarannya malah sempet pilek, alhamdulillah 3 hari dah sembuh. Emang lg musim nya sih! disana sepupu nya Zalfa pd pilek semua, mau gak mau ketularan jg.

Desy Noer mengatakan...

Wah, ternyata ada beberapa anak yg sakit ya pas moment2 lebaran. Kalo dah kayak gini, mo keliling2 juga jadi gak hepi.

trus, gimana sekarang udah fit lagi kan?

Nia mengatakan...

iya bener, keliling baca cerita lebaran ibu2 rata2 ada yang sakit semua yaaaa....jadi lebarannya gak kemana2 yaaa....gpp dech kan udah diwakili sama ayahh....yg penting skrang ikhsan udah sehat kan....smoga gak ada yg sakit2 lagi yaaa

isma mengatakan...

fisik anak mang rentan, alhamdulillah shinfa baik2 saja sampai balik lagi ke jogja. cepet sembuh ya ihsan... amiin.

Fitri3boys mengatakan...

samaan nih lebarannya ..gak pa pa ada temennya kok ikhsan, fai ma dzaky jg gak kemana 2 lebaran...

lidya mengatakan...

kok smua pada sakit ya lebaran . smoga skr sehat2 aja ya

Mai mengatakan...

Wah lebaran sakit ya Iksan, semoga sekrang dah sembuh ya.

Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir & batin ya bu...

bunda zikra mengatakan...

ah ikhsan sakit ya selama lebaran? emang gak enak ya bu, tapi mau gimana kita mesti ikhlas. sekarang udah sembuh kan ikhsan? dapet angpau lebaran gak kemaren? hehe..

buat ikhsan ibu dan ayah, met lebaran ya. minal aidin wal faidzin:) udah telat hehe:p

Anonim mengatakan...

Wah..kalau mbaca blognya jeng Entik ini seneng. Banyak kata2 njawani yang bikin kangen jogja hehehe. Lha kok sama dengan Dita, lebaran malah sakit. Gak papa gak ikut syawalan ya Kak Ikhsan, yang penting sehat dulu hehehe