Jumat, 01 Maret 2013

jalan-jalan ke kemuning

postingan ini sudah lama ngendap di draft. Cerita tentang liburan keluarga akhir tahun 2012 kemarin. Tanggal 24-26 Desember kami sekeluarga besar yang terdiri dari eyang, mama rakhma  dari semarang, saya sekeluarga dari yogya dan pakdhe abi sekeluarga  dari solo minus om kelik di semarang bareng-bareng liburan ke kebun teh kemuning di daerah karanganyar solo.
Si kecil ikhfan yang masih 5 bulan juga ga ketinggalan. Kami janjian untuk ketemu di solo-di rumah pakdhe abi- Berangkat dari yogya hari sabtu sore tgl 24 desember, dah ketebak bakalan kena macet dan ternyata benar. Perjalanan yogya-solo memakan waktu 4 jam.
Niatan pengen makan malam di angkringan daerah klaten sambil menikmati segelas teh nasgitel ga kesampaian. Kita berhenti di angkringan itu jam 1/2 8an malem. Sholat maghrib sekalian jamak isya. ternyata nasi kucing-nya habis, tinggal 1 doang. Ya, akhirnya kita ngalah dan memberikan porsi nasi itu ke kakak ikhsan. tapi segelas teh nasgitel tetep bisa kita nikmati. Hmmm.... lumayan bisa menyegarkan badan ;)
sebelum sampai solo, saya udah pesen sama budhe umi untuk buatin kita makan malem, karena kita belum makan hehe...
Kita sampai solo jam 10 malem. Langsung disuguhi mie goreng hangat, lumayan untuk mengganjal perut. Selanjutnya kami langsung terkapar. Tidur.... Alhamdulillah ikhfan juga ga rewel, ketemu kendi langsung bisa bobok di samping saya.

Hari minggu pagi, mama rakhma dari semarang datang. Menjelang siang, kami berangkat menuju karanganyar. Arah yang ditempuh menuju air terjun tawangmangu. Perjalanan 1 jam itu melewati perbukitan yang sejuk. Di kiri-kanan ditumbuhi pohon-pohon teh. Ga nyangka juga bisa nemukan kebun teh di daerah karanganyar ini. Dalam bayangan saya, perkebunan teh itu adanya ya di daerah jawa barat sana.

perkebunan teh kemuning

Bulan november, Pakdhe abi sudah booking vila di daerah kemuning. Takut ga dapet vila, jadi booking-nya jauh-jauh hari. Vila-nya ada di tengah-tengah desa kemuning.
Hujan yang turun dan hawa dingin langsung menyambut kedatangan kami. Brrr... benar-benar dingin. Jaket dan selimut tebal bener-bener perlengkapan yang ga boleh ketinggalan. Vila mungil ini terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu dan 1 ruang keluarga. Ternyata cukup untuk menampung pasukan kami yang terdiri dari 11 orang.

penampakan vila dari depan

dapur kecil yg cantik

Pak No, pemilik vila dengan ramah menyambut kedatangan kami. Ketela rebus dan talas rebus yang masih panas langsung disuguhkan kepada kami. Terlihat enak dan bisa mengusir hawa dingin. Tanpa dikomando, ketela dan talas langsung diserbu habis hehe.. (kayak orang kelaparan).
Menjelang malam, pakdhe abi dan budhe umi sudah mempersiapkan perlengkapan jagung bakar. Yup, acaranya adalah jagung bakaran.Dan pak No pun menemani kami dengan cerita tentang perkebunan teh yang ada di daerah kemuning itu.
Ternyata kebun teh itu sudah berumur lama, sejak jaman belanda. Menurut pak no, kebun teh itu dulunya adalah milik kraton Mangkunegaran. Dengan berlalu-nya waktu kepemilikan kebun teh terus berpindah tangan.
Penduduk desa kemuning banyak yang bekerja di perkebunan teh itu. Setiap subuh, truk pengangkut pekerja akan berangkat dari pabrik untuk membawa mereka ke atas perbukitan teh untuk memetik daun-daun teh. Sepanjang mata memandang, perbukitan di sana hanya ada pohon teh. Saya juga baru tahu kalau tanaman teh itu kayu-nya keras banget. Padahal kayaknya pendek-pendek tapi kalau kaki kita nyangkut kena dahannya bisa berdarah lho. Maklum umur tanaman-tanaman itu sudah puluhan tahun.

kakak ikhsan lagi sibuk bakar jagung

Keesokan paginya, sebelum jalan-jalan ke kebun teh, kita nyempatin bikin tenda buat anak-anak. Wah, kakak ikhsan seneng banget, secara belum pernah dibikinin tenda sama ibu-bapakna hehe...

mejeng dulu di depan tenda
Selanjutnya jalan-jalan ke kebun teh. Ini dia foto-foto kami di sana...

ikhsan dan mas hayyun (anak budhe umi)
benar-benar berasa di kebun teh

ada arena atv yang offroad