Senin, 09 September 2024

refleksi hari lahir

 09.09.2024

Di pagi hari tanggal 9 September 2024, saya hampir saja tidak ingat kalau hari ini adalah hari lahir saya. Ketika terbangun dan mata terbuka yang teringat adalah urusan rutinitas menyiapkan anak-anak ke sekolah & mas suami yang bersiap mruput berangkat ke bandara. Kecupan lembut & bisikan lembut mas suami mengucapkan selamat ulang tahun, menyadarkan saya bahwa hari ini saya genap berusia 45 tahun.

ternyata tidak terasa waktu berjalan. Rasanya baru kemarin meniup lilin ultah yang ke-17 sekarang saya sudah berstatus istri dan ibu tiga orang anak laki-laki. Keadaan yang mungkin 20 tahun yang lalu belum terbayangkan. Hari ini mencoba merenung, hal-hal atau kejadian apa saja yang mampir di kehidupan saya. Bagaimana saya berhasil melewatinya. Ah, ternyata Allah sudah memberikan "ilmu kehidupan" kepada saya lewat aneka macam kejadian suka dan duka yang dihadirkan dalam kehidupan saya.

Ah, sepanjang usia ini, saya bersyukur diberi kesempatan untuk belajar menjadi perempuan yang bisa menjalankan peran sebagai istri dan Ibu. Setiap fase kehidupan adalah kelas kehidupan sebagai tempat saya belajar. Menjadi Ibu dari 3 anak laki-laki yang jarak rentang perbedaan usia yang jauh diantara ketiganya, "memaksa" saya belajar banyak untuk mengendalikan emosi. Belajar menjadi "teman dan sahabat" tempat sharing si kakak sulung yang remaja dan si kakak tengah yang sedang beranjak remaja, juga menjadi tempat yang paling aman dan nyaman untuk si bungsu yang masih TK untuk belajar menapaki milestone-nya.


di usia pernikahan yang sudah menginjak 19 tahun, saya masih terus berproses belajar menjadi istri dan sahabat bagi mas suami. Belajar menjadi tempat ternyaman dan paling dirindukan bagi mas suami untuk berbagi segalanya.

Alhamdulillah saya diijinkan Allah melakukan hal-hal yang menjadi passion/kesukaan saya. Salah satunya menulis. Allah mampukan saya menulis 12 buku antologi dan 1 buah buku solo. Saya juga masih diberi kesempatan juga untuk bekerja kantoran dan berbagi ilmu di kegiatan-kegiatan kantor.

Alhamdullillah  terimakasih ya Allah masih memberi saya waktu & usia untuk menjadi seseorang yang memberi manfaat, paling tidak di lingkar terdekat saya & keluarga.



Tidak ada komentar: