Senin, 13 November 2017

De Javu dengan Hyperemesis Gravidarum


Setiap kali tahu kalau ada teman, keluarga atau kenalan saya yang hamil, saya selalu menanyakan pertanyaan yang sama, “mual atau muntah enggak di awal kehamilan?”

Ternyata dari banyak perempuan hamil yang saya tanyai tidak semuanya mengalami mual dan muntah di awal kehamilan. Ada yang serasa tidak hamil karena tidak merasakan mual dan muntah, rasanya biasa saja bahkan cenderung jadi doyan makan. Kalaupun ada yang mual dan muntah kebanyakan hanya terjadi di pagi hari saja selanjutnya tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Dan hanya 1-2 orang saja yang bercerita kalau mual dan muntahnya agak parah. Tidak banyak yang tahu tentang kemungkinan perempuan hamil terserang hyperemesis gravidarum.

Hyperemesis gravidarum adalah morning sickness yang parah yaitu ketika perempuan hamil mengalami mual dan muntah lebih dari 5 kali dalam sehari dan rasa mual berlangsung terus menerus sepanjang hari sehingga makanan susah masuk. Saya pernah menulisnya di sini.


Dapat dipastikan perempuan yang terserang hyperemesis gravidarum tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa karena biasanya tubuh akan terasa lemas karena menahan mual dan muntah. Asupan makanan pun akan terganggu karena rasa mual. Dampak terparahnya adalah dehidrasi pada ibu hamil.

Menceritakan tentang hyperemesis gravidarum benar-benar membawa saya ke kenangan saat hamil  ikhsan dan ikhfan. Rasanya bera..aat banget melewati trimester pertama kehamilan karena sepanjang hari saya merasaka mual dan muntah lebih dari 5 kali. Dan itu berlangsung setiap hari sampai usia kehamilan saya menginjak 5 bulan. Hadew pokoknya masa-masa penuh perjuangan. Jadi perlu persiapan mental yang kuat untuk menjalani.

Ah, tidak dinyana sekarang saya serasa mengalami de javu pengalaman menjalani hyperemesis gravidarum lagi.

Ketika mendapati tespcak bergaris dua, mata saya langsung terpejam. Perasaan bahagia dan deg-degan bakal mengalami hyperemesis gravidarum bercampur aduk di dada saya. Dapat dipastikan saya akan mengalaminya lagi.

Tebakan saya tidak meleset. Pengalaman 5 tahun lalu ketika hamil ikhfan sekarang saya alami kembali. Tapi dengan berbekal pengalaman di kedua kehamilan saya terdahulu, sekarang saya lebih bisa me-manajemen mual dan muntah. Beberapa tips yang saya tulis di sini, bener-bener membantu sehingga saya tidak mengalam dehidrasi.

Kalau dulu ketika hamil ikhsan dan ikhfan saya harus berjuang kuat supaya bisa berangkat kantor di pagi hari, tapi sekarang saya diberi kemudahan oleh Allah karena tidak harus berangkat kantor di pagi hari. Kebetulan sekali status saya sebagai mahasiswa tidak mengharuskan ke kampus setiap hari. Jadi hal itu benar-benar meringankan saya karena masa “sehat” saya tanpa mual yang hebat dimulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Setelah itu bisa dipastikan saya akan terserang mual dan muntah sepanjang malam setiap hari.

Tapi perjuangan lain tetap ada karena tumpukan tugas kuliah dan persiapan penelitian tesis menghadang saya. Saya akui, saya tetap tidak bisa maksimal melakukan aktivitas saya sebagai mahasiswa. Pokoknya beda-lah sama teman-teman mahasiswa lain yang bebannya tidak sama dengan saya.

But life must go on..

Saya yakin, pasti bisa melawan hyperemesis gravidarum dan menjalani kehamilan ini dengan sehat dan bahagia. Kalau kita sendiri yang tidak berjuang untuk melawan, maka rasa mual dan muntah akan menguasai hari-hari kita. Bayangkan saja sesutu yang indah-indah seperti lucunya bayi yang nanti akan lahir dari rahim kita, bakalan seru poto-poto dengan bayi kecil yang lucu terus rumah bakalan lebih rame dan sebagainya.
Bagi saya,obat anti mual tidak signifikan membantu menghilangkan mual.

Jadi temen-temen yang mungkin sedang hamil dan mengalami hyperemesis gravidarum seperti saya, yuk saling menularkan semangat untuk menjalani kehamilan dengan rasa bahagia. Jangan lupa minta dukungan dari suami, keluarga dan teman karena dukungan mereka akan mengalirkan energi positif kepada kita sebagai ibu hamil dengan hyperemesis gravidarum.

saat mual tidak menyerang,tetap bisa tersenyum. Tapi kalau mual datang, muka saya kucel kayak kertas diremas

3 komentar:

Fitri3boys mengatakan...

ikhfan mau punya adik?? selamat ya

entik mengatakan...

@mba fitri : hehehe..iya mbak. Minta doanya ya mbak, supaya kehamilanku sehat

Ladubkanblog mengatakan...

Alhamdulillah...selamat, ikut senang mbak...semoga sehat sehat selalu...