Selasa, 20 September 2016

Perpustakaan yang cozy

Sudah lama banget saya pengen singgah di perpustakaan daerah Jogja yang bernama Grhatama Pustaka. Dari jauh gedungnya terliat bagus dan keren, jadi bikin penasaran aja buat masuk. Biasanya kalau denger kata perpustakaan, yang ada dalam pikiran kita adalah gedung yang "kaku" dan rak yang penuh buku trus jadi bikin males masuk. Beda banget kalau disuruh masuk toko buku.

Minggu kemarin, saya dan Ikhsan menyempatkan diri masuk ke Grhatama Pustaka yang lokasinya dekat dengan Jogja Expo Center. Yuk mari kita lihat-lihat ke dalam..

Gedung Grhatama Pustaka tampak dari depan
Dari luar, gedung perpustakaan ini seperti tidak terlihat dan sepi. begitu kita masuk ke dalam seperti masuk gedung yang modern. Di lobi perpustakaan kita akan disambut oleh dua counter front office. Counter sebelah timur adalah tempat kita meminjam kunci loker untuk menyimpan tas. Jadi kalau mau masuk area koleksi buku, kita wajib menitipkan tas di loker.
Counter sebelah barat adalah tempat informasi dan pendaftaran anggota perpustakaan.
Lobi perpustakaan cukup luas dan ada beberapa kursi sofa empuk untuk duduk dan menunggu panggilan pendaftaraan anggota.

Sebelum masuk, kita disarankan mengisi presensi pengunjung perpustakaan dengan mengisi komputer yang sudah di sediakan. Di pintu masuk juga ada informasi mengenai wifi dan password wifinya, jadi kita  bisa mengakses internet dengan free wifi di sini.
mengisi presensi pengunjung di komputer
Ghratama Pustaka terdiri dari 3 lantai. Begitu kita masuk dari pintu utama, kita berada di lantai dua. Di lantai ini ada ruang koleksi buku braile, dan koleksi buku umum. Ruang koleksi buku umum cukup luas dan paling ramai pengunjung. Semua ruang koleksi sudah dilengkapi dengan AC, lantai ditutup karpet yang cantik dan bantal-bantal lantai yang nyaman banget buat baca atau buka laptop. Bahkan Ikhsan malah pengen tidur di lantai berkarpet itu.
Turun di lantai 1, Ikhsan senang sekali karena ruang koleksi buku untuk anak sangat nyaman. Deretan buku dan udara yang adem bikin lupa waktu. Bantal lantainya juga empuk buat duduk dan baca buku.
Oya, ketika mau masuk ruang koleksi, kita disarankan memasukkan sandal di kantong yang sudah disediakan di depan ruang koleksi.


Selain ruang koleksi buku anak, ada juga ruang permainan untuk anak sampai usia 6 tahun. Di sini semacam playground untuk anak. Dekorasi ruangannya anak-anak banget. Ceritanya ruang ini mengakomodir pengunjung yang membawa anak kecil, sehingga si orang tua tetap bisa melakukan aktivitas di perpustakaan.

Naik ke lantai 3, ada ruang koleksi buku-buku terbitan penerbit Yogyakarta, koleksi skripsi dan tulisan ilmiah, majalah-majalah dan koran. Huhu...disini ruangannya juga asyik karena adem dan enak banget buat baca-baca.

Di Ghratama Pustaka juga ada ruang bioskop 6 dimensi yang masih dalam proses pengerjaan, ruang untuk acara dongeng anak juga ruangan untuk bedah buku. Selain itu selasar gedung juga disediakan kursi-kursi yang nyaman untuk sekedar duduk, diskusi atau mengakses internet.
View di dalam dan di luar gedung bagus banget.



Jadi dateng ke sini juga bisa jadi wisata edukatif bagi anak-anak, yaitu mengenalkan perpustakaan sejak dini ke mereka. Selain baca, atau sekedar maen, kita juga bisa pinjam buku. Aturannya bisa pinjam 1 buku untuk 1 minggu. Anak-anak juga boleh jadi anggota.


Yang belum pernah ke sana, silahkan dicoba mampir. Pasti akan merasakan sensasi berbeda dengan perpustakaan pada umumnya.

2 komentar:

santi dewi mengatakan...

wah... ini sih perpustakaannya keren banget, lengkap. Coba di kota saya juga ada perpus kayak gini...

Heni Puspita mengatakan...

Kapan ya di kota saya ada perpus yang cozy begini he he