Jumat, 27 Mei 2011

ikhsan dan UHT

Sejak umur 1 tahun saya mulai mengenalkan susu UHT ke ikhsan. Sekalian "menyapih" dot. Dulu setelah masa cuti saya berakhir, ikhsan meminum ASIP dengan dot. Kakak saya sempat kasih tahu ke saya kalau menyapih dot lebih susah dibanding menyapih nenen. Itu menurut pengalaman dia. Karena banyak anak-anak yang stelah disapih nenen, tetep ngedot ampe TK bahkan SD.

Nah, setelah tahu gitu, asisten saya mulai kasih ikhsan ASIP dengan sendok. Agak repot memang. Jadi setiap kali ikhsan minum ASIP/susu selalu dengan sendok. Pun ketika saya coba kasih UHT, tetep pake sendok minumnya hehe..
Pelan-pelan ikhsan mulai belajar minum susu lewat sedotan. Dan akhirnya ikhsan ga begitu kenal dengan namanya dot.

sejak umur 2 tahun kalau pengen minum susu, saya selalu suruh ikhsan ambil sendiri susu UHT-nya dan buang bungkus-nya di sampah. Lumayan ibuna jadi ngirit tenaga hehe. Pernah sekali waktu mas usul buat ganti UHT-nya ikhsan dengan susu bubuk yang "bagus". Saya kadung cocok ikhsan minum UHT, selain gizi-nya ok juga praktis karena saya ga perlu mbikinin susu. Berhubung kita berdua ga siap kalau kudu mbikinin susu setiap saat, jadi rencana berpindah ke susu bubuk batal hehe.. :)

Karena saya selalu beli UHT dalam jumlah banyak (minimal 1 karton) dan ikhsan kalau liat persediaan susunya banyak, kadang maruk minumnya. Kadang dalam sehari bisa habis 5 sampai 6 kotak. Tapi kalau persediaan susu-nya tinggal sedikit, nih anak ngirit juga minumnya. Sehari cuma 2 sampai 3 kotak aja.
Dan dengan bangga, kotak bekas UHT-nya dijejer-jejer kemudian dipamerin ke saya.
"Ibu lihat ini.." sambil menunjukkan jejeran kotak bekas susu UHT.
"Ya ampun, dik banyak banget. Adek minum susu habis 5?" tanya saya heran
dan ikhsan biasanya mengangguk dan tersenyum bangga.

ah, yang penting kamu sehat ya nang...



14 komentar:

Fitri3boys mengatakan...

wah samaan ya Iksan minum susu UHT kayak dzaky ma fai.

Nia mengatakan...

wahhh kalo ina dulu ngga mau minum susu UHT, gak tau kenapa...makanya sampe sekarang msh minum susu pake dot....tapi krna ina mau minum susunya kalo lagi tidur aja (mata sambil merem, kalo melek dia ngga pernah mau minum susu). makanya aku ngga rencana utk menyapih dot...daripada ngga minum susu kan kasihan.....

kalo adeknya jangan ditanya...minum susunya pwollll

Desy Noer mengatakan...

ada beberapa pendapat, UHT memang lebih baik dari susu formula mbak. So, lanjuuut ajah dech..

dey mengatakan...

persis Fauzan ya, dia juga minum susu UHT, kalo beli kardusan, sehari bisa habis 8 kotak.
Merk susu-nya juga sama tuh .. hehe

nuranuraniku.blogspot.com mengatakan...

salam sobat
iya mba yang penting sehat,
walau minum susu UHT sampai habis 5.

lidya mengatakan...

bukan cuma anak-anak yang suka UHT, aku juga suka kok :)

Gaphe mengatakan...

saya juga suka susu UHT, soalnya enak sih.. apalagi gratisan *dulu inget kalo ada dibagiin di sekolah susu UHT gratisan. hehehe

kayaknya kemaruk susu nggak apa2, asal jangan lupa makannyaa. ^_^

kangto mengatakan...

Senyumnya ikhsan manis. :)

Elsa mengatakan...

pinter pinter suka minum susu yaaa
biar cepet tinggi!!!
dan jadi kuat

bunga mengatakan...

Bener Mbak Susu UHT emang Banyak Kandungan Gizi.nya

Keke Naima mengatakan...

kalo yg pernah sy baca susu UHT katanya lebih bagus dr susu bubuk.. Jadi terusin aja UHTnya mbak

Bundit mengatakan...

Sama jeng, Dita lebih suka minum susu UHT drpd susu bubuk. Paling demen rasa vanila. Kalau Dita sih setelah gak minum ASIP dr botol, langsung bisa lepas dot botol. Skr yang belum bisa, lepas nenen. Huhuhu nyapih nenen belum berhasil nih :-(

vera mengatakan...

ikhsaaaan bagi dong uhtnya, tante sukkkaaaaa

Motik mengatakan...

toss sama kyara ikhsan...
aku jg kalo beli sekalian 1 kardus mbak. Kalo stok banyak kayanya Kyara jadi cenderung maruk. Tapi kalo udah tinggal dikit diirit-irit sama dia hihi...