Senin, 19 April 2010

cerita weekend buat mas

sudah seminggu ini mas ga dirumah alias lagi tugas keluar kota ampe berminggu-minggu. Wuih berasa lama banget deh...
Untungnya ikhsan ga terlalu sering nanyain keberadaan bapakna. Cuma sesekali aja bilang kangen dan kalau udah telpon kangennya dah ilang katanya.



cerita weeken
weekend kemaren saya dan ikhsan jalan-jalan ke daerah ngemplak buat beli benih ikan nila. Rencananya tuh ikan mau dimasukin ke kolam kecil di rumah eyang. Kebetulan sudah hampir 3 bulan ini kami boyongan ke rumah eyang di condongcatur. Rumah kami di ngaglik terpaksa untuk sementara waktu kami tinggal. Maklum si mas lagi sering keluar kota dan eyang cuma sendirian di rumah. Jadi kami untuk sementara nemenin eyang dulu.

Eyang punya kolam kecil di depan rumah. Cuma diisi ikan hias, itu pun yang pengen ikhsan. Trus saya iseng-iseng kasih saran ke eyang, gimana kalau diisi ikan nila aja. Kan kalau dah gede bisa di goreng sekalian buat kegiatan eyang. Ternyata eyang setuju. Jadilah saya dan ikhsan cari benih ikan nila itu.

Di daerah kemasan, ngemplak, sleman ada sawah yang disulap jadi kolam ikan. Disana jual aneka benih ikan. Saya nyari benih ikan nila yang sudah agak gedean dikit. Setelah milih-milih, akhirnya saya putusin beli benih 1/2 kg ajah. Itu isinya ada sekitar 20an ekor ikan nila kecil-kecil. Lumayan-lah buat isi kolamnya eyang.



ikhsan seneng banget liat ikan-ikan di kolam benih itu.

sampai rumah eyang, ternyata koamnya dah dikuras dan diisi aer. Aernya dari aer PAM. Langsung tuh benih ikan diceburin ke kolam. Awalnya ikan-ikan nila itu lincah berenang kesana-kemari. Ikhsan sudah teriak-teriak kegirangan. Teman-teman maen ikhsan di rumah juga pada ngeliat. Eh, selang 1 jam sudah ada 1 ikan yang kliatan mabok dan tak lama kemudian ngambang alias tepar. Duh, kok mati? Perasaan tadi baek-baek aja tuh.
Lewat 1 jam, ikan nila yang mabok tidak cuma satu tapi terus nambah. Wah rada mencurigakan nih? Lama-lama hampir sebagian ikan yang saya beli mabok dan tewas. Hiks..hiks sedih deh. Eyang bilang ntar ikan nilanya digoreng aja. Nah waktu eyang mbersihin ikan-ikan yang sudah pada tewas itu, ketahuan kalau aer PAM yang buat ngisi kolam tadi barusan dikasih kaporit dari PDAM.
Ya, pantesan pada ga kuat dan tewas.



Akhirnya nasib sebagian ikan nila yang masih "balita" itu berakhir di penggorengan. Ikhsan dengan senang hati menjadi konsumen pertama ikan nila balita itu.
"kriuk..kriuk, ikane enak," gitu komentar ikhsan.

9 komentar:

Lidya mengatakan...

asyik ya punya kolam nanti cicipin ikannya ya ikhsan

Diyah-ummi Zalfa mengatakan...

Duh...kasian banget tuh ikan yang nasibnya di penggorengan, enak gak ikan nya mas Ikhsan???

Fitri3boys mengatakan...

asik nih eyang punya kolam ikan, ikan nila gorengnya bikin ngiler nich

Zulfadhli's Family mengatakan...

Duh Tante jadi ngiler kepengen makan ikan nila goreng neh. Kirim2 kesini dunks Mas Ikhsan ikannya :-)

Motik mengatakan...

Waa kasian ikannya :( jd inget lele ku dulu jg berakhir sama kaya ikan nila nya mbak entik. Gara2 kaporit mati pelan pake acara bengkak dulu seluruh badan sampe jd gelembung gede banget baru akhirnya mati. Aku prnh dikasih saran sebaiknya lain kali sebagian pakai air asal si ikan itu spy ikannya lbh mudah adaptasi. Ini juga berlaku untuk ikan aquarium. Krn kalo airnya baru banget ikannya kaget sama PH airnya. Ntar coba ternak ikan lagi ya ihsan :)

Vera mengatakan...

untung piaranya ikan nila ya, jd bisa disantap hehehe..

BunDit mengatakan...

Hehehe jadi nya malah pesta ikan nila goreng ya Mas Ikhsan. Enak ya kalau punya kolam ikan. Rasanya adem gitu :-)

astin mengatakan...

hihi jadi ikan balita doong....pasti enak kalo gorengnya ampe kering, kriuk kriuk :D

Keke Naima mengatakan...

nasib si ikan akhirnya berakhir di penggorengan y ^^