Jumat, 19 September 2008

ikhsan panas

hari jumat minggu yang lalu ikhsan tiba-tiba panas. Menjelang buka puasa, saya dan mas baru menyadari kalo badan ikhsan bukan sekedar anget tapi panas. Makanya ikhsan kok nggak riwueh kayak biasanya tapi memilih memeluk ijo- boneka kesayangannya- dan tiduran di kasur. Wah, saya jadi ga enak hati ngeliat ikhsan lemes, apalagi karena sorenya saya membiarkan ikhsan basah kuyup ikutan nyiram tanaman.
" piye iki jeng?" tanya mas rada bingung. "kita bawa ke rumah sakit aja po?"
saya sempat terdiam sejenak, berpikir gimana enaknya.
"kita ukur suhunya dulu aja mas, trus kasih sanmol. Tanya umi (ini ponakan kita yang jadi bidan) berapa dosis sanmolnya."
sementara mas nelpon umi, saya coba nge-tem suhu ikhsan. Wah, ternyata air raksa di termometer terus bergerak naek padahal dah nyampe angka 38 derajat celcius. Saya jadi deg-degan. Akhirnya air raksa berhenti pada angka 39 derajat. waduh, tinggi banget suhunya. Saya rada takut kalo step karena suhu badanya tinggi banget.

"kata umi kasih sanmolnya 0,6 ml, jeng," mas memberitahu
saya bergegas mengambil sanmol dan meminumkannya ke ikhsan,untungnya ikhsan manut dan ga menolak.
setelah rembugan dengan mas akhirnya kami memutuskan membawa ikhsan ke praktek dokter bersama di apotek astuti jalan kaliurang. Kebetulan disana dokter SPA langganan ikhsan praktek. Dengan pertimbangan itu akhirnya setelah sholat maghrib kami berangkat. Karena lokasi rumah kami rada jauh dari kota (ceile ngaku kalo tinggal di desa he2) kami memutuskan nanti setelah dari dokter pulang ke rumah eyang di condongcatur. Jadi rumah bakalan kosong beberapa hari.

sampai di praktek dokter akhil, suhu badan ikhsan dah ga terlalu panas. Tapi ikhsan minta digendong terus sama saya, kalo saya tawarin gendong sama bapak-nya langsung nangis. Ya akhirnya selama ngantri saya gendong ikhsan. Padahal antirannya lumayan banyak, wong pas cari parkiran ajah susah banget.

ikhsan dapet nomer antrian terakhir. Kebayang kan capeknya gendong ikhsan. Setelah dipersilakan masuk, dokter akil langsung mengenali kita-karena tiap bulan emang kita kontrol kesehatan dan mantau BB ikhsan sama dokter akil. Waktu ditimbang, ikhsan masih anteng, tapi setelah mau diperiksa dan dibaringkan di kasur, ikhsan dah mulai menunjukkan tanda-tanda mau nangis. Setelah dokter akil mengeluarkan stetoskop-nya langsung deh pecah tangisnya ikhsan. Super duper kuenceng nangisnya,pake teriak-teriak padahal cuma diperiksa pake stetoskop doang loh ga pake disuntik. Wah, saya harus ekstra sabar menenangkan ikhsan. Untung dokter akil juga sabar :)

setelah diperiksa, diagnosa dokter akil, ikhsan kena radang tenggorokan dan itu yang bikin suhu badannya tinggi. Dokter akil meyakinkan kalo ikhsan ga papa dan nanti kalo minum obat pasti sembuh. Duh, leganya saya mendengar keterangan itu.

setelah dapet obatnya kami langsung meluncur ke rumah eyang, waktu itu dah jam 9an malem. Ih, capek dan laper rasanya tapi lega banget karena ikhsan bakal sembuh. Sampai di rumah eyang, eyang dah nunggu di depan rumah dan langsung menyambut kami. Kamar buat ikhsan-pun dah disiapin. Seprainya aja baru. Langsung aja ikhsan saya ajak ke kamar,dan saya rayu untuk minum obat. alhamdulillah acara minum obat lancar dan ikhsan mau diajak bobo sambil meluk boneka ijo-nya.
"Jojo...jojo..," gitu kata ikhsan menjelang tidurnya malem itu.

selama 2 hari suhu badan ikhsan berangsur turun. Hari sabtu,suhunya sudah 38 derajat. Hari minggu 37 derajat, tapi ikhsan dah mulai mau maen dan maem. di hari senin suhunya dah normal, 36 derajat, ini ikhsan dah kayak biasa. Jalan muteri rumah eyang sambil mberantakin barang-barang dan nyebarin beras ke lantai.

Alhamdulillah selama sakit ikhsan ga rewel, walo ga bisa lepas dari ijo. Kemana2 ijo dibawa dan digigit ampe buluk banget bentuknya.

7 komentar:

Bundanya Nay dan Carissa mengatakan...

Alo De IKhsan..dah sembuh kan sayang...Nay pinja boneka jojonya doong..boleh ya..ya...

Ning Wiedy mengatakan...

sabar ya jeung...klo anak lg sakit mang kita jd nda tenang dan khawatir tp dikau harus berusaha tenang biar si anak nda rewel :D ASI dan pelukan bisa bikin si kecil lebih tenang ...so selama Ikhsan pengennya digendong terus sama jenengan ya nda apa2 jeung karna itu membuatnya nyaman..mudah2an Ikhsan cepat pulih kembali ya kesehatannya dan lincah lagi...peluk cium dari Arya muach

Salma Hasna Tsabitha mengatakan...

alhamdulillah dah sembuh ya, mimi aer putij aja sama mam buah yg banyak,ntar melernya insya Allah cepet sembuh deh.

Novy Chrystiana mengatakan...

cepet sembuh ya sayang...kasian tuh si jojo kepanasan dipeluk2 ihsan yang badannya panas! hehehe

yang sabar ya mbak,kalo anak sakit,kita harus lebih kuat. jangan ikutan jadi sakit krn ngurus anak sakit yaa.... :-)

Keke Naima mengatakan...

Alhamdulillah ya kalo ikhsan dah sembuh... Tapi mana nie penampakan boneka ijonya. Penasaran aja pengen liat si boneka ijo yang udh setia nemenin ikhsan :)

Anonim mengatakan...

Ikhsan gimana sekarang udah baikan belum yaaa...iya kali panas dalam gara2 radang kita aja orang tua kl udah mulai radang aduuuuuuhhh ampun deehhhh sakitnya apalagi anak2 mknya lari ke panas.

Tapi langsung di bawa ke dokter seh insyaalah bs tenang yaaa

Semoga ikhsan udah sembuh yaaa

rosa devga mengatakan...

halo....ada yang sakit ya...duh...cepat sembuh ya say.....mamanya yang sabar...