Senin, 29 November 2010

getuk

kemarin di rumah ada singkong yang belum diapa-apain. Saya jadi teringat makanan favorit ikhsan yang terbuat dari singkong. Apalagi kalau bukan getuk yang manis. Sudah lama ga bikin getuk sendiri. Biasanya saya beliin ikhsan getuk di pasar, tapi kemaren iseng-iseng pengen bikin getuk sendiri. Sukses ga ya?
Dengan resep kreasi sendiri akhirnya terhidang juga sepiring getuk made in ibuna ikhsan hehe...



Pelanggan pertama adalah ikhsan. Adonan belum selesai dicetak, dah dicomot dan dimakan.
"hmm.. enak."
Saya cuma tersenyum aja. Nih anak emang demen banget makanan tradisional kayak gini. Kadang orang-orang yang lihat ikhsan seneng makan jajanan tradisional pada heran kok anak kecil lebih seneng makan makanan tradisional daripada makanan kemasan made in pabrik?



Sejak kecil ikhsan, memang jarang banget saya kasih makanan/snack pabrikan. Kalau saya ada waktu saya sering bikin finger food sendiri buat ikhsan. Atau saya belikan jajan pasar yang ga mengandung pengawet kayak jadah, apem, lopis dan jenang.
Alhasil ikhsan ga begitu suka snack kemasan.

Jadi kalau ke supermarket, ikhsan tidak tertarik mengambil makanan kemasan yang macem-macem itu. Paling pol, dia mengambil yoghurt, coklat atau es krim. Lainnya ga tertarik. Tapi, kalau lihat mainan.., Wah jangan ditanya. Dia bisa berlama-lama ngeliat dan akhirnya mencomot satu hehehe..

20 komentar:

Fitri3boys mengatakan...

heubat ikhsan,..bagus gak suka makanan keemasan yang di mall ya ikhsan, itu banyak MSGnya.....lebih sehat yang Ikhsan suka makan.

Bundanya Nay dan Carissa mengatakan...

mmmmmhhh....ngeces nih liat getuknya, ikhsan bagii duuunk getuknya?

yustha tt mengatakan...

pinter e kamu dik Ikhsan...
Tante dulu waktu kecil juga hobby makan gethuk dik..
Gk pake dicetak gitu, langsung di'kepel' sama Bapaknya Tante. Jadi cetakannya bentuk jari2 tangan gitu dik... Hehehe.....

lidya mengatakan...

aku sukanya beli dipasar hehehe

Zulfadhli's Family mengatakan...

Gw belom pernah bikin getuk, Mba. Jadi pengen nyoba aaahhh :-)

Nia mengatakan...

duhh ibu yg satu ini masih sempet bikin getuk sendiri yachh.....emang enak getuk ini. oh ya aku dulu pernah ikutan lomba masak 17-an di lingkungan rumahku. bahan dasarnya singkong. aku pikir kalo bikin getuk udah pasaran yachh...akhirnya adonan getuk tadi aku bulat2in trus didalamnya aku isi coklat/keju. trus digoreng...jadi dech bola-bola coklat keju.....dan akhirnya aku jadi pemenang 1 heheheh....

bundanya i-an mengatakan...

mawuuuu dong.... aku suka ketuk cuma kalo bikin suka males numbuknya he he he....

Motik mengatakan...

aku juga suka banget getuk lho... toss iksan :)
malah bagus mbak iksan ndak suka jajanan kemasan. sehat trs ya iksan :)

BunDit mengatakan...

Waaa...mau dong getuknya jeng. Semenjak di Jkt, jadi jarang makan makanan tradisional ini. Makanya kalau mudik paling seneng kalau diajak ke pasar. bagus jeng, Ikhsan lebih suka jajanan pasar drpada snack pabrik, lebih sehat pastinya :-)

Bintang mengatakan...

ihhhhh...aku doyan banget loh getukkk....bentuk apapaun si getuk itu...pokoknya aku doyan...kapan2 mo bikin ahhh...resepnya dong bund???..abis aku pernah bikin kayaknya kurang bagus dan enak deh..hehehe

entik mengatakan...

@mba bintang: resepnya ada di hiperlink tulisan "resep" pada postingan mba..

isma mengatakan...

bagus ihsan, cinta makanan lokal, selain sehat juga murah meriah dan mengenyangkan ... ;-))

vera mengatakan...

waaahhh gethuk kesukaan aku dan alisha nih...ikhsan mau dooonggg

Zulfadhli's Family mengatakan...

Mbakyu, ada duren spesial untukmyu. Diambil yah di rumah gw. Moga2 suka. Thanks :-)

Elsa mengatakan...

asyik juga ya kalo gak seberapa tertarik sama snack kemasan gitu
secara, iklannya di tv kan gencar banget selalu bikin anak anak pingin.

salut deh buat ikhsan yang lebih suka jajanan tradisional gitu

MeyBengkulen mengatakan...

wah kl getuk kurang doyan tp kl timus (berbahan dasar ubi jalar) doyane puooll hehe. dek ikhsan doyan jg g' ya?. met taon baru hijriah 1432H bunda entik..

astin mengatakan...

hebat deh ikhsan gak suka jajanan anak2 sekarang...made in sendiri emang lebih terjamin ya jeng
lah anakku kalo liat taro, chitato n temen2 nya langsung deh maksa beli :((

Bunda Farras mengatakan...

wah aku ketinggalan nih .. padahal ada getuk yang menggoda .. dah abis pastinya nih :)..

dey mengatakan...

jadi pengen .. disini beli dimana ya .. hiks, harus ke kota

Percik Keluarga mengatakan...

Enaknya... kapan-kapan bikin ah, contek resep ya mbak... :D

Oya, link blog saya pindak ke sini ya... htp://percikkeluarga.com